Senin, 04 Juli 2011

Gaya Hidup yang Ampuh Lawan Insomnia

TIDUR, merupakan salah satu yang terbaik dari sekian banyak cara manusia beristirahat. Tidur yang berkualitas merupakan sarana untuk menghilangkan berbagai macam penat fisik, bahkan lelah dari segi emosional dan kejiwaan. Tentunya tidak setiap orang mendapatkan "tidur" yang berkualitas. Aktifitas harian seseorang yang berbeda macam dan bentuknya membuat perbedaan kulitas tidur yang didapatkan tiap-tiap orang berbeda. Seseorang yang terbiasa 'lembur' hingga larut malam, hanya punya sedikit waktu untuk menikmati 'bermimpi' di malam harinya, orang-orang dengan karakteristik seperti ini tentu saja, tidur diwaktu yang berbeda bagi kebanyakan orang dan terbangun di waktu yang terlampau terlambat untuk menikmati pagi hari.    
Gaya hidup sangat berpengaruh untuk menciptakan kualitas tidur yang sempurna, yang berarti memperbaiki kualitas diri dari segi kesehatan, baik fisik, emosional dan psikologi.  

Gaya hidup apa saja yang membebaskan malam hari dari insomnia?

Mematikan Lampu
Ruangan yang gelap atau temaram akan membuat mata dan otak menjadi rileks, terbebas dari cahaya yang membuat otak dan mata bekerja. The Ohio State di Columbus menemukan bahwa sejumlah kecil cahaya dari ponsel atau bahkan komputer akan memproduksi melatonin yang mengganggu tidur. Bahkan cahaya dari perangkat elektronik yang menghasilkan cahaya kecilpun akan menyebabkan tidur Anda terganggu, apalagi cahaya lampu yang terang.

Hentikan main game, menonton televisi dan menghidupkan komputer sebelum tidur
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cahaya dari perangkat elektronik-elektronik ini akan merangsang otak, sehingga membuat sulit tertidur. Menonton televisi, main game dan sekedar berselancar di dunia maya juga menyebabkan ketegangan pada otak, yang menyebabkan otak terus terjaga.

Membiasakan tidur dan bangun diwaktu tertentu secara rutin
Biarkan otak memproses kebiasaan-kebiasaan yang Anda pilih, untuk tertidur dan terbangun diwaktu-waktu yang Anda pilih sendiri. Tidurlah dan bangun diwaktu yang Anda pilih sendiri secara rutin, biasakanlah. Misalnya, Anda tidur di jam 21.00 dan bangun pukul 05.00. Lama kelamaan otak akan memprosesnya menjadi sebuah kebiasaan dan Anda tidak akan merasa kesulitan lagi tidur awal dan bangun pagi.

Hindari Minum kopi
Kopi adalah penghasil kafein, musuh nomer satu dari tidur, karenanya hindari minum kopi sebelum tidur.

Hindari Merokok
Merokok juga merupakan salah satu musuh tidur, rokok memperburuk apnea tidur dan menyebabkan gangguan pernapasan yang membuat sulit untuk tidur nyenyak.

Lakukan Olahraga satu jam sebelum tidur
Gerakan-gerakan yang memicu detak jantung dan memeras keringat tepat sebelum waktu tidur memang akan membuat Anda sulit tidur, tetapi olahraga yang dilakukan beberapa jam sebelum tidur justru akan membuat tidur Anda jadi lebih berkualitas. Usai berolahraga tubuh Anda akan merasa lelah, beristirahatlah atau beraktivitaslah lagi sekitar kurang lebih satu jam sebelum kemudian Anda beranjak tidur. Saat itu tubuh Anda akan merasakan lebih rileks dan nyaman berkat berolahraga, selain itu pikiranpun akan terlepas dari stres dan penat.
*dikutip dari berbagai sumber
(tiko septianto/CN32)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/1 Juli 2011

0 komentar:

Posting Komentar