Jumat, 18 Mei 2012

BLH Juara Lomba Busana Batik Tegalan

SLAWI- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Tegal yang menampilkan baju pengantin dengan motif batik daun berwarna putih, terpilih sebagai juara pertama dalam lomba Peragaan Busana Kreasi Batik Tegalan di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Tegal, kemarin.

Juara kedua peragaan busana diraih Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat yang menampilkan kreasi batik tegalan dengan kombinasi hasil kerajinan bambu.
Peragaan busana batik tegalan diikuti 37 peserta. Sebelumnya, para peserta diarak keliling Kota Slawi bersamaan dengan kirab pusaka Tombak Kiai Pleret.

Walau terlihat lelah, senyum tetap memancar dari peserta saat berjalan di atas catwalk yang dilapisi karpet merah. Aksi peragawan dan peragawati yang merupakan perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu menyedot ratusan warga.

Penampilan kreasi batik tegalan tak kalah dengan peragaan busana profesional. Kendati peragawan dan peragawati itu kebanyakan pegawai dari setiap instansi, penampilan mereka sangat menghibur masyarakat.
Juri

Kreasi yang ditampilkan di antaranya seragam resmi, pakaian pengantin, pakaian pesta, baju muslim dan baju santai. Koordinator Lomba Peragaan Busana Kreasi Batik Tegalan, Muji Basuki menuturkan, peragaan busana batik itu yang dinilai dari mulai mode rancangan, kreativitas, gaya dalam berjalan, keluwesan, busana. Adapun juri dalam lomba itu berjumlah empat orang yang merupakan ahli di bidangnya.

‘’Jika peserta tidak menampilkan batik tegalan, maka tidak akan dinilai. Peragaan busana ini harus ada batik tegalan. Kami juga menampilkan pakaian pengantin yang tidak diperlombakan,’’ paparnya.

Peragaan busana itu dimenangkan perwakilan dari BLH sebagai juara I, disusul perwakilan Disparbud dan SMK N 1 Warureja. Untuk kreasi batik tegalan, juara I dari SMPN 3 Adiwerna, juara dua SMPN 2 Kramat dan SMPN Bumijawa. ‘’Kami berharap batik tegalan bisa dinikmati masyarakat umum di luar daerah,’’ ungkapnya. (H64-74) 
(/)
Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/19/186783/BLH-Juara-Lomba-Busana-Batik-Tegalan

0 komentar:

Poskan Komentar