Jumat, 18 Mei 2012

Kabupaten Tegal Diusianya ke 411

PERINGATAN Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-411 tahun 2012, salah satu agenda utama yaitu Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi. Yang tidak biasa dari paripurna dewan kali ini, adalah proses jalannya sidang yang menggunakan bahasa Jawa Tegalan. Juga pakaian peserta sidang Paripurna yang mengenakan busana Jawa, untuk pria mengenakan beskap lengkap dengan blankon dan atribut lain dan untuyk wanita mengenakan kebaya.
Dalam Paripurna berbahasa Jawa Tegalan itu, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Rojikin AH SE, serta didampingi tiga unsur pimpinan yaitu Firdaus Assyaerozi SE dari FPKB, Muaris SH dari FP Golkar, dan Dr Hj Ayu Palaretin dari FP Demokrat. Hadir pula Wakil Bupati Tegal HM Hery Soelistiyawan SH MHum dan seluruh pejabat SKPD Pemkab Tegal termasuk Camat dan Kades se-Kabupaten Tegal.
“Mengawali Sidang Paripurna, juga dinyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama dan ini bakal diupayakan menjadi tradisi setiap Paripurna,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Rojikin AH SE, Jumat (18/5).
Suasana persidangan sendiri terasa lebih khidmat, karena diikuti oleh keluarga pendiri Kabupaten Tegal Ki Gede Sebayu. Dalam persidangan tersebut juga dibacakan seputar sejarah berdirinya Kabupaten Tegal yang dibacakan oleh salah satu perwakilan keluarga Ki Gede Sebayu.
Disisi lain Wakil Bupati Tegal HM Hery Soelistiyawan SH MHum, dalam sambutannya yang juga menggunakan bahasa Tegal, menjelaskan jika diusainya yang ke-411 tahun Pemkab Tegal memiliki kebijakan ingin membangun masyarakatnya secara utuh baik lahir maupun batin demi kemajuan daerah. Sudah barang tentu peningkatan layanan secara maksimal itu, tidak terbatas pada sektor tertentu saja namun secara keseluruhan.
“Sudah saatnya dengan melihat usia, antara eksekutif dan legislatif untuk bersama membangun masyarakat secara utuh lahir dan batin,” ucapnya.
Disamping itu, pihaknya juga ingin agar pejabat dan masyarakat Kabupaten Tegal dapat mewujudkan motto “Balik desa kanggo mbangun Kabupaten Tegal,” (kembali ke desa untuk berkiprah membangun Kabupaten Tegal, Red) secara maksimal. Untuk bisa melaksanakan itu, sudah barang tentu dengan semangat kebersamaan antara eksekutif, legislatif, dan masyarakat.
“Metodologi yang paling tepat, dengan menerapkan jiwa kebersamaan secara gotong royong membangun daerah,” ujar Hery.
PIALA LOMBA PAWAI
Dalam Paripurna itu, juga diwarnai dengan penyerahan penghargaan bagi peserta pawai Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-411 tahun 2012. Penyerahan penghargaan itu diberikan kepada enam peserta terbaik dan diberikan penghargaan secara langsung oleh Wakil Bupati Tegal dan Ketua DPRD setempat. Untuk kategori terbaik I, II, dan III serta terbaik harapan I, II, dan III.
Untuk enam kategori itu, terpilih untuk Terbaik I diraih Kecamatan Slawi, Terbaik II Kecamatan Kedungbanteng, dan Terbaik III Kecamatan Adiwerna. Sementara untuk Terbaik Harapan I, II, dan III masing-masing diraih Inspektorat Kabupaten Tegal, RSUD dr Soeselo Slawi, dan Kecamatan Bumijawa.
“Penghargaan langsung diterimakan kepada seluruh kepala SKPD peraih juara, di depan peserta Sidang Paripurna Istimewa ini,” terang Camat Bumijawa, Saidno, usai menerima penghargaan.
Sidang Paripurna sendiri diawali penyambutan kirab pusaka Kabupaten Tegal berupa tombak Kyai Plered, yang sebelumnya telah diarak sejak pagi hari dari rumah dinas  Bupati Tegal menuju gedung DPRD setempat. Arak-arakan pusaka yang diiringi oleh sejumlah peserta kirab, juga dibarengi iringan kereta kencana yang dinaiki oleh Wakil Bupati Tegal dan istri. Juga sejumlah pawai gunungan dan juga iring-iringan keluarga keturunan Ki Gede Sebayu.
Sementara, pawai arak-arakan yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat dan PNS Pemkab Tegal, terasa semakin meriah saat gunungan peserta arak-arakan menjadi rebutan masyarakat dan PNS. Bahkan tidak sedikit dari warga yang terjatuh saat berebut gunungan yang berisikan hasil bumi dari setiap wilayah peserta pawai.
“Hari Jadi ini cukup meriah dan masih ada sejumlah kegiatan lain yang bakal digelar sebagai rangkaiannya,” kata Asisten I Pemkab Tegal yang juga panitia Hari Jadi, Drs Hasan Munawar MM. (mohammad ghoni)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/Kabupaten-Tegal-Diusianya-ke-411.html

0 komentar:

Poskan Komentar