Minggu, 05 Juni 2011

Ilmuwan Temukan Cara Membaca Pikiran Manusia

PARA ilmuwan menemukan cara untuk memantau bentuk kata-kata dalam otak manusia. Hal ini menuntun pada suatu saat nanti mereka yang lumpuh  bisa bicara.
Seperti dikutip dari Dailymail, para peneliti menemukan  cara untuk nyambung dengan rangkaian otak terdalam dalam rangka mengetahui pembentukan kata - kata.

Dengan menggunakan elektroda, mereka menemukan wilayah dari otak yang terlibat dalam penciptaan sekitar 40 suara yang membentuk bahasa Inggris.
Mereka mendapati setiap  suara itu memiliki sinyal tersendiri yang mungkin bisa dibaca  program komputer.
Penelitian membaca pikiran itu dilakukan oleh sebuah tim dari pusat inovasi di Neuroscience dan technology Universitas Washington.

Penelitian itu dipimpin Eric Leuthardt dan mereka meneliti empat orang yang menderita epilepsi parah yang masing- masing memiliki 64 implant elektroda di kepalanya.
Awalnya penelitian itu untuk mencoba menemukan sebab dari epilepsi, tetapi Leuthardt juga memantau wilayah dari otak ketika pembicaraan di bentuk.

‘’Saya tak mengatakan bahwa saya dapat secara penuh membaca pikiran orang. Tetapi saya kini punya bukti bahwa hal itu mungkin,”  kata Leuthardt.
Selama penelitiannya, ia juga menemukan bahwa otak menghasilkan sinyal ketika orang baru berpikir mengenai suara yang akan dikeluarkan.
Penelitian itu telah di publikasikan dalam Jurnal Neural Engineering.
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 6 Juni 2011

0 komentar:

Posting Komentar