Minggu, 14 Agustus 2011

Dinkes Siapkan 10 Pos Kesehatan

SLAWI- Jelang lebaran 1432 H tahun 2011, Dinkes Pemkab Tegal yang merupakan salah satu dari bagian Pengaman Arus Mudik (PAM) lebaran, andil dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan. Bentuk nyata dalam kiprahnya yaitu berkoordinasi dengan instansi terkait PAM lebaran dan mempersiapkan berbagai kegiatan. Sedikitnya Dinkes membangun 10 Pos Pam kesehatan  Posko KLB dan pemeriksaaan keamanan makanan dan minuman di seluruh Kabupaten Tegal.  “Semua kegiatan dibawah koordinasi Polres Tegal. Sedang untuk Dinkes sendiri sesuai rencana mendirikan 10 Pos Kesehatan di sejumlah titik strategis di Kabupaten Tegal,” Kata Kepala Dinkes Pemkab Tegal, dr Widodo Joko Mulyono Mkes MMR, melalui Kabid Yankes, dr Titis Cahyaningsih, kepada Radar.

 Dikatakan dr Widodo Joko M, 10 Pos PAM Kesehatan Dinkes dibangun disekitar Babadan Warurejo,  Pasar Suradadi, POM Bensin Texin (ketiganya di pantura). Juga di Pasar Banjaran, Terminal Bus Slawi,  Klonengan Prupuk (ketiganya Jalur Tegal-Purwokerto) ditambah di Pos Obyek Wisata seperti Guci, Cacaban, Purin dan di Puskesmas Jatinegara (Jalur Slawi-Randudongkal).
 Untuk aktifitas kegiatan pos kesehatan Dinkes, dimulai sejak H-7 hingga H+7.  Setiap Pos  dipimpin oleh seorang dokter sebagai  koordinator yang dapat dihubungi setiap saat,  dilengkapi dengan perlengkapan medis dan ambulans untuk mobilitas rujukan. Untuk petugas pos sendiri berasal dari 29 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tegal.  “Kami siap dan stand by selama 24 jam yang terbagi dalam 3 sift (pagi, sore, malam).  Setiap sift terdiri dari 2 petugas medis/paramedis dan 1 driver. Pos ini juga melibatkan juga 28 dokter muda dari Fakultas Kedokteran  UNDIP dan sejumlah mahasiswa dari STIKES Bhamada Slawi,” terangnya.
 Selain pelayanan kesehatan, menurut dia, pada seluruh Puskesmas di Kabupaten Tegal juga disiagakan.  Di setiap Puskesmas disiapkan petugas medis dan paramedis untuk melayani masyarakat yang akan mudik lebaran maupun masyarakat yang bertempat tinggal di  sekitar Puskesmas. Mengantisipasi terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB), Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal juga mempersiapkan Posko KLB yang berlokasi di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, jalan Dr. Soetomo Slawi.  Sejumlah personil, peralatan medis dan obat-obatan pun dipersiapkan.
 Disamping menerapakan fungsi diatas, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal juga akan melaksanakan pemeriksaan keamanan makanan dan minuman ke sejumlah toko dan swalayan di wilayah Kabupaten Tegal bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.  Hal ini dimaksudkan agar makanan dan minuman yang beredar dalam masyarakat dapat dipastikan tidak kadaluarsa, tidak rusak dan dengan demikian  layak dan aman untuk dikonsumsi.  “Kami berharap lebaran ini aman.  Kepada masyarakat,  kami himbau untuk berhati-hati berkendaraan, juga senantiasa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk menghindari terjadinya berbagai penyakit dan KLB,” Himbau Dr. Widodo Joko Mulyono. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar