Selasa, 16 Agustus 2011

Mengenang Tantangan the Beatles Kepada Yesus

INILAH.COM, Jakarta - Sosok band legendaris dan fenomenal The Beatles tidak bisa dihapus dari sejarah peradaban musik dunia. The Beatles sukses menyihir setiap penggemarnya dari tahun ke tahun.

Pada 1966, saat The Beatles tengah digandrungi jutaan orang, John Lennon mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan kontroversi. Dalam sebuah interview dengan London Evening Standard, Lennon menyatakan The Beatles lebih terkenal dibanding Yesus.

"Ajaran Kristen akan musnah. Aku tak tahu yang mana yang akan musnah lebih dulu, rock n roll atau ajaran Kristen. Tapi yang jelas kami sekarang lebih terkenal dibanding Yesus," jelasnya.

Publik menjadi marah. Orang yang mengecam pun tak sedikit. Konser mereka di beberapa tempat dibatalkan. Album dan memorabilia The Beatles dibakar. Bahkan beberapa radio menolak memutar lagu The Beatles.

Untuk meredakan amarah publik, jumpa pers pun digelar. Permohonan maaf pun disampaikan. Pemerintah Vatikan yang lantang menyuarakan pemboikotan The Beatles akhirnya menerima permintaan maaf tersebut.

Kejadian itu memang telah berlalu. Namun bagi penggemar The Beatles, khususnya pecinta John Lennon, kejadian itu tak akan pernah terlupakan.

John Lennon adalah pelopor lahirnya The Beatles yang fenomenal. Akibat pemikirannya yang kontroversial, The Beatles menjadi besar. Sikap kritis dalam konteks spiritual dan sosial juga memengaruhi musik the fabulous four itu menjadi matang.

Pada 26 Agustus 1965 di San Diego, The Beatles mengadakan konferensi pers dalam rangkaian tur dunia mereka di Amerika Serikat.

Pada saat itulah mereka menanggapi pernyataan Presiden Republik Indonesia Ir Soekarno terhadap musik The Beatles yang dianggap ngak ngik ngok pada saat itu. Seraya berkelakar mereka berkata, "Well, aku rasa itu perbuatan yang tolol," kata John Lennon.

Pernyataan itu kemudian ditimpali Ringo Starr, "Its foolish". Kejengkelan mereka jelas tercermin dari komentar lugas yang muncul saat dicecar pertanyaan oleh wartawan.

"Soekarno harus membeli dulu album kami sebelum membakarnya, sehingga kami bisa dapat royalti," ujar George Harrison ketika mengetahui bahwa album The Beatles dibakar di Jakarta.

Paul McCartney sempat bergurau, "Daripada Soekarno membakar album kami, lebih baik album itu dikirim kepada kami. Nanti kami akan berikan potongan setengah harga."

Kisah polemik antara Soekarno dan The Beatles hanyalah salah satu dari banyaknya kontroversi seputar band fenomenal tersebut. Namun mereka sering menanggapi berbagai kritik dan polemik dengan santai. Dan John Lennon adalah sosok yang paling banyak menuai kontroversi. [mor]

Sumber Berita : http://artis.inilah.com/read/detail/1727682/

0 komentar:

Posting Komentar