Kamis, 18 Agustus 2011

Dinpora Jateng Cari 30 Sarjana

SEMARANG- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Jateng mencari 30 sarjana. Mereka akan diikutsertakan dalam program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (SP3) 2011. Program ini merupakan salah satu unggulan dan menjadi ikon Kemenpora.
Kabid Kepemudaan Dinpora Jateng Henky Sulomo mengatakan, tahun ini Kemenpora bekerja sama dengan 33 Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia, salah satunya adalah Undip. Perguruan tinggi akan dilibatkan dalam proses perekrutan dan penempatan para sarjana.
Penyelenggaraan tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dulu tidak melibatkan perguruan tinggi, sehingga banyak kampus yang tidak mengetahui program tersebut. Padahal pelaksanaannya sudah sejak 1989. Selama ini perekrutan hanya ditangani Dinpora.
’’Revitalisasi ini merupakan arahan dari Menpora Andi Mallarangeng. Diharapkan    program SP3 tahun ini yang merupakan angkatan ke-22 dapat lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.’’
Punya Spirit
Selain itu, lanjut Henky, nantinya sarjana-sarjana itu bukan ditempatkan di daerah asalnya. Sebanyak 30 sarjana dari Jateng akan ditempatkan di lima provinsi. Yakni Banten, Jabar, Jatim, DI Yogyakarta, Kalbar. Terdapat enam sarjana dari Jateng di masing-masing provinsi.
Para sarjana yang mengikuti program tahunan tersebut akan mendapatkan biaya hidup minimal Rp 2,5 juta per bulan dan bantuan modal Rp 5 juta. Karena itu, katanya, sarjana yang mengikuti program ini adalah yang mempunyai keinginan dan spirit untuk membangun desa. ’’Kami mengharapkan dengan adanya program SP3 ini, paling tidak mendapatkan dua manfaat. Yaitu, nilai tambah untuk membangun desa dan membangun kemampuan diri,’’ urai Henky.
Ada beberapa persyaratan untuk mengikuti program itu. Pertama, maksimal berusia 28 tahun. Kemudian harus berasal dari lulusan S1 dari bidang yang ditentukan, yakni Ekonomi, Peternakan, Perikanan, Pertanian, Komunikasi, dan Administrasi Pemerintah/Niaga. ’’Jurusan lain adalah Hukum, Pariwisata, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Olahraga, Agama, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Pendidikan Luar Sekolah,’’ katanya.
Pendaftaran dilakukan di Kantor Dinpora Jateng, Jalan Ki Mangunsarkoro No 12 dan LPPM Undip Gedung Widya Puraya Lantai I, Jalan Prof Soedarto Tembalang, mulai 22 Agustus hingga 7 September. (K18, K3-75)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/18/156427/

0 komentar:

Poskan Komentar