Rabu, 15 Juni 2011

Langkah Alternatif Redakan Migrain

MIGRAIN atau migren merupakan nyeri berdenyut yang menyerang kepala di bagian tertentu. Serangan ini biasanya disertai mual dan muntah. Penderita umumnya juga menjadi sangat sensitif terhadap suara, cahaya bahkan bau.
Migrain sebenarnya dipicu oleh gangguan pembuluh darah. Terjadi suatu kombinasi antara vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) dan dilepaskannya suatu zat kimia dari serat–serat saraf pada pembuluh darah tersebut.
Arteri temporal (arteri yang ada di sekitar pelipis) melebar dan terjadi peregangan serat saraf di sekitarnya. Peregangan ini merangsang serat saraf melepaskan zat kimia yang menyebabkan peradangan disertai rasa sakit yang luar biasa.
Wanita lebih sering terkena migrain dibanding pria dan sebagian besar penderita ternyata mempunyai riwayat keluarga migrain. Ketika migrain menyerang, mereka juga biasanya mengalami gangguan emosi, seperti gelisah, mudah marah dan depresi.
Karena itu, agar tak menghambat aktivitas Anda, perlu diketahui langkah-langkah tepat untuk meredam serangan migrain. Selain penggunaan obat-obatan penghilang rasa sakit, Anda bisa mengikuti tips berikut:
-Tidur
Tidur merupakan obat yang paling mujarab. Tidur atau istirahatlah di tempat yang gelap dan tenang. Jauhi sumber-sumber keramaian dan tempat bercahaya terang yang dapat memicu rasa nyeri. Tidurlah yang cukup, sebab kurang tidur bisa menimbulkan migrain.
-Pijat
Mintalah seseorang memijat bagian pundak dan leher bagian belakang Anda selama 5 menit. Lalu tekan pangkal tengkorak dengan jari dan tahan selama 1 menit. Lepaskan tekanan itu perlahan-lahan. Buku Massage, The Complete Idiot’s Guide, menyebutkan cara ini dapat meredakan migren.
-Penguapan
Sediakan 1 baskom air panas mendidih dengan uap airnya yang masih mengebul. Menunduk dan arahkan muka ke uap tersebut. Hiruplah udaranya. Bila terlalu panas, menjauhlah sesaat dari uap dan mendekatlah kembali. Lakukan secara berulang sampai uap habis.
-Kompres
Kompres bagian yang sakit menggunakan es atau air dingin. Dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah. Alternatif lain, kompres leher dengan air dingin, dan secara bersamaan rendam kedua tangan di dalam air hangat.
-Minum Air Putih.
Migrain juga dapat ditimbulkan oleh dehidrasi. Minumlah air putih secara rutin minimal 2 liter per hari.
-Olahraga
Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Dengan kita bergerak, tubuh akan memroduksi hormon endrofin yang dapat meredakan nyeri. Ketika migrain datang, cobalah berjalan kaki setengah jam setiap hari.
-Konsumsi magnesium
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti sayur bayam, kacang polong dan labu. Juga makanan yang terbuat dari gandum, seafood, pisang dan susu.
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/

0 komentar:

Posting Komentar