Selasa, 14 Juni 2011

Rendaman Jerami Resep Shampo Tradisional

Ekstraksi jerami padi dan pinang menjadi salah satu resep tradisional  membuat shampo bagi wanita di Kerinci dalam memelihara rambut panjang yang indah dan sehat.

“Resep saya hingga rambut bisa panjang setumit seperti sekarang ini sangat sederhana, saya hanya mengikuti apa yang diceritakan nenek dan ibu saya dulu yakni dengan menggunakan ekstraksi secara alami dari jerami padi dan pinang,” kata Afnirty (26), warga Kerinci dengan rambut panjang setumit, Sabtu. Rambut panjang yang indah, rapi, sehat dan kuat yang merupakan salah satu tradisi kaum hawa di Kerinci sedari zaman dahulu hingga menjadi indentitas atau ciri masyarakat setempat.
Memanjangkan rambut tentu saja bukanlah hal yang sulit, tapi agar membuatnya indah dilihat, rapi gampang disisir dan diatur, sehat dan kuat tidak rontok, adalah hal yang tidak bisa dibilang gampang.
Para wanita Kerinci pada zaman dulu kata nenek saya, telah memiliki cara sendiri yakni menggunakan jerami sebagai shampo. Maka saya terapkan.
Dia memaparkan cara membuat ekstraksi jerami tersebut. Menurut dia jerami padi cukup direndam di air bersih, lalu dicampur bubuk buah pinang.
Air rendaman itu dibiarkan bermalam-malam sampai bisa digunakan untuk menyampo rambut. Keramas dengan cara tradisional tersebut saya lakukan paling tidak sekali dalam dua minggu, yang jelas semakin sering dilakukan semakin bagus hasilnya. Karena itu rambut jadi gampang diatur, hitam mengkilat, dan tidak tidak rontok.
Gadis yang masih mahasiswi semester enam di STKIP Kerinci tersebut mengaku telah membiarkan rambutnya memanjang selama sembilan tahun semenjak dia berumur tujuh tahun atau kelas dua SD. Kini rambutnya yang ikal telah 150 cm menjuntai dari ujung kepala hingga ke tumitnya.
Afnitrti mengaku resep rahasia tradisional warisan neneknya dan para wanita Kerinci zaman dulu itu hingga kini masihlah sebatas resep tradisional, padahal itu adalah salah satu khasanah yang luar biasa dan layak diriset oleh para ahli rambut yang gencar mencari formula baru bagi perawatan rambut indah.
“Sampai saat ini belum ada riset ilmiah, kalau ada ilmuan yang berminat melakukan penelitian dan menjadi resep ekstraks jerami ini formula shampo modern kenapa tidak, tentu saja saya akan menyambut dengan baik, karena itu berarti akan mengangkat khasanah budaya kearifan lokal dari Kerinci yang telah terbukti ampuh, rambut saya sendiri ini yang jadi buktinya,” katanya.
Sumber Berita : http://kampungtki.com/

0 komentar:

Posting Komentar