Rabu, 15 Juni 2011

Relaksasikan Mata Lelah Anda

Tak dapat dihindari, tuntutan pekerjaan membuat Anda harus berhadapan dengan layar monitor PC sepanjang hari. Tanpa disadari, terkadang Anda tak mengindahkan lelah yang datang pada si indera penglihatan. Jangan abaikan sinyal ini, segera istirahatkan mata Anda demi mencegah dampak negatif lebih lanjut.
Lakukan gerakan-gerakan yang dapat membuat Anda lebih rileks. Alihkan pandangan dari monitor ke satu objek tertentu di sekitar Anda. Dapat juga dengan melakukan hal berikut; angkat jari telunjuk dengan posisi tegak dan tempatkan beberapa centimeter di depan wajah Anda. Fokuskan pandangan pada jari telunjuk. Selanjutnya geserlah jari telunjuk Anda menjauh beberapa centimeter. Lalu alihkan lagi pandangan ke objek lain. Sesaat kemudian kembalilah menfokuskan tatapan pada jari telunjuk yang telah digeser medekat ke wajah. Ulangi latihan ini hingga tiga kali.
Anda juga dapat melakukan rileksasi dengan cara meletakkan siku di meja kerja dan telapak tangan menghadap ke atas. Biarkan beban jatuh ke depan dan kepala jatuh ke tangan. Posisikan kepala sehingga alis berada di dasar telapak tangan dengan jari menjulur ke dahi. Tutup mata dan tarik napas melalui hidung. Tahan napas selama beberapa detik kemudian buang napas. Lanjutkan pernapasan dalam ini selama 15 sampai 30 detik.
Tak hanya itu, seringlah berkedip saat memandang monitor PC Anda guna menyegarkan mata kembali dan mencegah mata kering. Tahukah Anda bahwa orang yang sedang bekerja di depan layar monitor biasanya lebih jarang berkedip. Lebih sering berkedip akan membantu melembabkan mata Anda.
(Dcc/CN16)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/

0 komentar:

Posting Komentar