Rabu, 15 Juni 2011

Selamatkan Anak Ortu Harus Melek Teknologi

DI ERA digital seperti saat ini, orang tua diharapkan bisa mengimbangi dan mengoptimalisasikan perkembangan pengetahuan anak-anaknya melalui pemanfaatan teknologi. Sebab, untuk menjadi orang tua yang sukses dalam mendidik anak, kita perlu belajar.
Orang tua perlu melek media. Bukan sekedar tahu ini namanya internet, ini ponsel, tapi juga waspada bahaya apa yang mengancam anak-anaknya lewat perangkat media itu.
Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Undip Fakultas Psikologi Kartika Sari Dewi MPsi saat menjadi pembicara dalam talkshow yang diadakan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Jawa Tengah (AIMI Jateng) bekerjasama dengan Panitia Festival Komputer Indonesia dengan tema, "Pemanfaatan Teknologi untuk Mengasuh dan Mendidik Anak" di Atrium Java Mall, Semarang, Minggu, 12 Juni 2011 siang.
Selain itu dalam acara ini juga dibahas pemanfaatan kekayaan dan sumber daya dunia maya untuk proses belajar yang murah dan juga menarik bagi keluarga khususnya ibu dan anak.
Dalam acara ini dibahas bagaimana cara kita memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak di era komunikasi dan teknologi yang melaju pesat tanpa bisa direm, serta bagaimana memanfaatkan teknologi dalam pendampingan proses belajar anak.
Kartika yang adalah pengasuh rubrik psikologi Harian Suara Merdeka, Tabloid Cempaka, dan Radio Imelda FM juga menambahkan, harus berhati-hati dengan teknologi karena selain bermanfaat juga punya dampak negatif. Kartika mengingatkan, dalam media juga terdapat kekerasan dan berbau pornografi. Untuk itulah orang tua harus benar-benar mengawasi anak-anaknya bukan diserahkan kepada guru maupun teman-temannya.
Pembicara lain Ellen Kristi, Kepala Divisi Edukasi AIMI Jateng dan Koordinator Komunitas Homeschoolers Jateng-DIY mengatakan, sekarang ini ibaratnya dunia di ujung jari, kita bisa belajar apa saja lewat internet dengan murah dan menarik. Yang diperlukan oleh orangtua hanya semangat untuk belajar.  
Selain menggelar talkshow dan diskusi, AIMI Jateng berserta konselor laktasinya juga memberikan sesi konsultasi gratis bagi ibu-ibu yang membutuhkan informasi seputar menyusui dan ASI.
Ketua AIMI Jateng, Rachmadhani, mengharapkan dengan adanya cara yang kreatif dan inovatif bagi orang tua dalam mendidik dan mengembangkan potensi anak mereka, akan terbentuk generasi bangsa dengan pribadi-pribadi tangguh.
(yulianto/CN33)
http://suaramerdeka.com/v1/

0 komentar:

Posting Komentar