Kamis, 16 Juni 2011

MTQ Tingkat Kabupaten Digelar

BERTEMPAT di lapangan Ekoproyo Kecamatan Talang, prosesi pembukaan gelar MTQ tingkat Kabupaten Tegal dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tegal HM Hery Soelstyawan SH Mhum dengan pemukulan bedug yang didampingi kalangan Muspida, Rabu (15/6).
Pada perhelatan kali ini, tercatat sebanyak kurang lebih 300 peserta dari pelajar dan umum  yang mewakili 18 kecamatan yang ada. Ketua pelaksana, dalam hal ini Kepala Bagian Kesra Setda, Hj Suspriyanti MM, dalam laporan singkatnya menyatakan bahwa ajang MTQ tingkat pelajar dan umum ini digelar dengan maksud dan tujuan untuk membangun ukhuwah serta ketakwaan dan kadar keimanan terhadap Al Qur'an.
Selebihnya dari ajang ini juga diharapkan dapat membentuk karakter Islami ditengah warga kabupaten, sekaligus menanamkan jiwa Qur'ani.
"Materi yang dilombakan adalah tilawah dan tartil. Dimana untuk penilaian, diterjunkan 70 orang yang tergabung dalam dewan hakim dan melibatkan 14 majelis. Peserta MTQ tingkat kabupaten ini adalah merupakan perwakilan juara I di masing-masing tingkat kecamatan," ujarnya.
Dia juga menyatakan, Pemkab telah menyediakan hadiah uang pembinaan senilai Rp 600.000 untuk juara I, Rp 400.000 untuk juara III, dan Rp 350.000 untuk juara III. Dan untuk kepanitian sendiri dibentuk secara terpadu antara kabupaten, kecamatan, dan desa tempat pelaksanaan MTQ.
Sementara itu, Wakil Bupati memberikan apresiasi yang besar kepada panitia yang mampu melaksanakan ajang MTQ tingkat kabupaten. "Kami berharap, juara di tingkat kabupaten juga bisa meraih prestasi di tingkat provinsi. Meski kami kadang heran di sekolah negeri tidak ada pelajaran menghafal Al Qur'an. Namun diajang seperti ini banyak perwakilan dari sekolah yang unjuk kebolehan. Biasanya anak-anak justru menggali pelajaran menghafal Al Qur'an diluar pelajaran sekolah. Alangkah baiknya ada sinergitas Dikpora dengan Kementrian Agama, agar bisa memasukkan materi Baca Tulis Qur'an (BTQ) sebagai ekstra kulikuler di sekolah," tegasnya.
Dia berharap dengan masuknya BTQ sebagai ekstra kulikuler sekolah, akan menjadikan bobot persaingan diajang MTQ bisa mengalami peningkatan. Dia juga berharap dari ajang ini peserta tidak hanya mahir membaca, namun juga bisa mengerti dan mengamalkan kandungan isi Al Qur'an tersebut. Gelar MTQ tingkat pelajar dan umum tingkat kabupaten ini resmi dibuka dengan ditandai pemukulan bedug oleh Wakil Bupati didampingi jajaran Muspida. Selanjutnya juga dilakukan pelantikan dewan hakim oleh kantor kementerian agama setempat. (her)
Sumber Berita : Radar Tegal 15 Juni 2011

0 komentar:

Posting Komentar