Minggu, 07 Agustus 2011

Sungai Gung Lama Dinormalisasi

DUKUHTURI - Alur sungai Gung lama yang melintas mulai dari bendung Pesayangan sampai Desa Pengabean, Dukuhturi dinormalisasi sedalam 1M lebih. Nantinya Daerah Aliran Sungai (DAS) sepanjang sekitar 3 KM, bakal kembali normal, sehingga saat hujan air sungai tidak meluap. Saat ini yang tengah dinormalisasi di DAS wilayah Desa Pengabean, Karanganyar dan Kademangaran, sepanjang sekitar 600 M.
 “Sesuai waktu kerja yang ditentukan, batas akhir pengerjaan normalisasi 23 Agustus mendatang. Saat ini pengerjaan sepanjang diatas hanpie selesai dengan hasil yang memuaskan,” jelas Pras, tim dari Bidang Pengairan DPU Pemkab Tegal, yang turut melihat dari dekat pelaksanaan normalisasi, kepada Radar belum lama ini.
 Dikatakan Pras, untuk CV Floors Slawi, sebagai pelaksana kegiatan, menurut dia, cukup baik dalam mengerjakan kegiatan dimaksud. Selain normalisasi, juga perbaikan pasangan talud sepanjang 60 M dengan ketinggian sekitar  50 CM. Setelah normalisasi di desa diatas selesai, oleh CV yang sama juga bakal dikerjakan normalisasi di wilayah berikutnya, sampai menuju Pesayangan.
 Disisi lain, sejumlah tokoh masyarakat tiga desa yang dilalui alur sungai Gung lama merasa berterima kasih karena sungai di wilayahnya dinormalkan. Selama ini, jika musim hujan, air sungai sudah mulai meluap aibat terlalu dangkal dengan tingginya sedimentasi sungai itu.  “Dengan dinormalisasi, kami tidak begitu khawatir terjadi banjir akibat dangkalnya sungai Gung lama,” ujar salah satu tokoh masyarakat, Masud.
 Sementara, Pemilik CV Floors Slawi, Suwito mengatakan, jika CV-nya setiap mengerjakan kegiatan selalu mengutamakan kebersamaan dan menjaga kwalitas. Dalam pengerjaan normalisasi sungai Gung lama itu, pihaknya merasa berterima kasih atas respon positif dari warga sekitar DAS yang dinormalisasi.  “Kami bersyukur karena respon warga sangat baik dan mendukung terselesaikannya kehiatan yang kamI kerjakan,” tutur Suwito. (gon)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar