Minggu, 29 Mei 2011

Liga Arab Upayakan Palestina Masuk PBB

DOHA - Liga Arab memperjuangkan Palestina agar bisa menjadi angggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Dalam pertemuan Liga Arab di Doha, Qatar, para anggota organisasi Pan-Arab itu berjanji akan memperjuangkan hal ini dalam pertemuan PBB di New York, September mendatang.
”Komite memutuskan akan minta keanggotaan penuh PBB untuk Palestina. Seperti sebelum perang tahun 1967, dengan Jerusalem Timur sebagai ibukota,” demikian keputusan Liga Arab.
Namun usulan itu mendapat penentangan dari AS dan Israel. Presiden AS Barack Obama, walau mendukung Palestina bisa memperoleh wilayah sebelum perang 6 hari tahun 1967, tetapi keberatan jika Palestina menjadi anggota PBB.
Saat ini ada 112 dari 192 negara di PBB yang telah mengakui Palestina berdasarkan tapal batas 1967. Untuk menggolkan usulan itu, butuh 2/3 suara dari 192 negara anggota PBB. Namun rencana tersebut bisa buyar kalau AS sebagai anggota tetap dewan keamanan PBB menggunakan hak vetonya untuk menjegal Palestina.
Pernyataan Liga Arab itu dikeluarkan tidak lama  setelah Presiden Palestina Mahmud Abbas menyampaikan kembali tekadnya untuk meminta pengakuan di badan diplomatik dunia tersebut kecuali Israel memulai perundingan mengenai ”masalah dasar”. Qatar mengusulkan dalam pertemuan itu bahwa proses perdamaian Timur Tengah tidak perlu dilanjutkan sampai Israel siap. 
Pertemuan itu mengkaji perkembangan paling akhir yang berkaitan dengan masalah Palestina setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengajukan usul guna menyelesaikan sengketa lama tersebut. (rtr-niek-31)
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 30 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar