Minggu, 21 Agustus 2011

Tiga Jam Dilewati 3.970 Mobil

SEMARANG-Jalan tol Semarang - Solo seksi I atau ruas Semarang- Ungaran resmi diujicobakan untuk dilewati kendaraan roda empat mulai sekitar jam 09.00, Sabtu (20/8) . Pengendara mobil pribadi terlihat memadati jalan tol yang sudah ditunggu-tunggu penggunaannya itu.
Dalam kurun waktu tiga jam, tepatnya mulai pukul 09.00- 12.00 tercatat ada 3.970 unit mobil melintasi jalur bebas hambatan sepanjang 14 kilometer tersebut.
Mereka memacu kendaraannya dengan kecepatan sekitar 80 km/jam. Bahkan mereka menyalip rombongan Gubernur Jateng yang hendak meresmikan jalan tol tersebut. Rombongan itu berjalan lebih lambat sambil memantau sejumlah penggalan jalan.
Dari data PT Trans Marga Jateng (TMJ), dari total 3.970 unit mobil yang masuk ke gerbang tol Banyumanik, 3.061 unit mobil di antaranya datang dari arah Semarang ke Ungaran. Sementara, sisanya atau 909 unit mobil melintas dari Ungaran ke Semarang. "Sebagian besar mobil yang masuk jalan tol memang berasal dari arah Semarang menuju Ungaran. Jumlahnya bisa mencapai tiga kali lipat dari mobil yang masuk dari Ungaran ke Semarang," kata Direktur Utama PT TMJ Agus Suharyanto melalui Kepala Bagian Operasional, Sabilillah.
Menurut dia, petugas pembayaran pintu loket jalan tol Banyumanik sudah siaga atau stand by di lokasi setelah jalur bebas hambatan tersebut dibuka. Mereka langsung mendata dengan mengumpulkan nomer transaksi. Nomer tersebut tidak diberikan ke pengguna jalan tol. Selama masa uji coba mulai H-10 hingga H+10 Lebaran digratiskan. Kendaraan roda empat berplat nomor B (Jakarta) mendominasi mobil yang melintas di jalan tol tersebut.
Dengan difungsikannya jalan tol tersebut, waktu tempuh untuk melintasi jalur Semarang- Ungaran bisa lebih cepat. Dari gerbang tol Banyumanik menuju pintu keluar di Ungaran hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.   (J17-80)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/21/156761/

0 komentar:

Posting Komentar