Senin, 22 Agustus 2011

Upayakan Mudik Lancar.

LANGKAH kongkrit menjawab desakan Muspida untuk penyediaan lintasan yang optimal bagi pemudik, setidaknya telah menjadi lecutan DPU untuk berbuat semaksimal mungkin dengan ketersediaan dana yang ada.
Upaya maksimal kini nyaris dirampungkan terkait perbaikan di seluruh jalur lintasan yang dilalui pemudik pada musim lebaran tahun ini. Upaya penyempurnaan lintasan yang sudah dimulai sejak pertengahan Ramadhan itupun ditarget rampung secara paripurna pada H-7 lebaran mendatang.
"Kita habiskan dana alokasi pemeliharaan rutin yang nilainya mencapai Rp 1,2 miliar. Dari dana yang terserap tersebut, sebagian besar dialokasikan untuk fisik atau pemenuhan material. Dan dari dana yang ada, kami alokasikan pada 12 UPTD dimasing-masing kecamatan yang mempunyai akses lintasan jalan untuk pemudik," ujarnya.
Dia juga mengaku, telah melakukan perbaikan di sejumlah jembatan yang kini kondisinya sangat memprihatinkan. Dan dengan keterbatasan dana yang ada, upaya penyempurnaan jembatan dilakukan seoptimal mungkin demi menunjang keselamatan penggunanya pada musim mudik dan balik lebaran tahun ini.
Perbaikan lintasan sendiri dilakukan antara lain di lintas Ujungrusi hingga Trayeman, kawasan Jejeg hingga Pagerbarang, Jatibogor hingga Jatimulya, Bogares hingga Pangkah, dan Balamoa hingga Bader.
"Lintasan jalur atas juga dilakukan penyempurnaan seperti di wilayah Jatinegara hingga Penyalahan. Itu beberapa lintasan yang bisa kami sebutkan, sebab saat ini perbaikan terus berlangusng di seluruh lintasan yang bakal dilalui pemudik. Selain itu, beberapa jembatan yang sudah usai menjalani perbaikan sementara berupa penambalan antara lain jembatan Ketiwon penghubung kota dan kabupaten, jembatan Duren Sawit Tegal Andong, dan jembatan penghubung Gumayun-Pagiyanten, serta Kaligayam," urainya.
Dalam proses perbaikan jembatan itu, diakuinya dilakukan dengan mengganti plat  dan perbaikan talud, hingga memperkuat sayap jembatan dan menutup lobang dengan potongan kayu sebelum ditimpa dengan cairan aspal dan sirtu.
Dia juga tak menampik, seandainya target H-7 perbaikan secara menyeluruh terhadap lintasan jalur mudik belum rampung, prediksi paripurnanya penyempurnaan itu akan diwujudkan pada H-5 lebaran. (her)
Sumber Berita : http://www.radartegal.com/index.php/

0 komentar:

Posting Komentar