Rabu, 25 Mei 2011

Ditemukan Kerangka Manusia Di Semedo

SLAWI - Kerangka manusia yang diduga berumur ribuan tahun ditemukan di Bukit Semedo, Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Senin (4/4).

Kerangka manusia itu ditemukan Dakri (54), warga setempat yang telah mengumpul ribuan fosil di lokasi cagar budaya tersebut. Kerangka manusia itu, kini masih diteliti arkeolog dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Tegal.

Menurut Dakri, kerangka manusia itu kali pertama ditemukan anaknya, Titin Mariah (23) yang kebetulan ikut berburu fosil di Bukit Semedo. Saat melintasi jalan menuju puncak bukit itu, Titin melihat tulang bagian tangan di saluran air. Setelah dilakukan penggalian, ditemukan tempurung kepala manusia. Namun, ia tidak melanjutkan penggalian karena takut hancur.

”Saya langsung melaporkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Saya menduga kerangka itu berumur ribuan tahun, karena sebelumnya di bukit ini telah ditemukan fosil hewan,” katanya.

Dia mengungkapkan, sejak setahun terakhir dirinya  menemukan empat kerangka manusia. Namun, tiga kerangka lainnya hanya beberapa bagian tubuh. Seperti halnya, tulang lutut, gigi dan bagian lainnya. Sedangkan, penemuan terakhirnya berupa kerangka utuh manusia. Petugas Pengaman Situs Cagang Budaya Semedo yang ditunjuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu, menduga masih banyak fosil lainnya yang terpendam di bukit itu.

”Pada Senin (4/4) lalu, saya juga menemukan fosil lutut gajah dan 10 bagian tubuh gajah lainnya. Hinggi kini, saya sudah menemukan sekitar 1.000 lebih fosil hewan peninggalan purbakala sejak tahun 2005,” tuturnya.

Kapolsek Kedungbanteng AKP Hartoto SPd mengatakan, pihaknya masih meneliti kerangka manusia yang ditemukan warga Semedo.
Sumber Berita : Suara Merdeka CyberNews, 30 Maret 2011

0 komentar:

Posting Komentar