Rabu, 25 Mei 2011

Pramuka Perlu Terapkan 4 Sehat 5 Sempurna

DALAM pengelolaan dan pembinaan organisasi, Gerakan Pramuka baik di tingkat Kwartir maupun Gugus Depan (Gudep), perlu menerapkan prinsip 4 sehat 5 sempurna.
“4 Sehat 5 sempurna yang dimaksud bukanlah makanan (nasi, sayur mayur, lauk pauk, dan susu),” ungkap Wakil Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal Bidang Organisasi dan Hukum, Drs H Agus Subagyo MM saat Saresehan Temu Penegak di SMK Negeri 1 Adiwerna, Sabtu (21/5) lalu.
Menurutnya, 4 sehat yang dimaksud yaitu pertama sehat niat. Hal ini berarti dalam mengelola organisasi khususnya Pramuka, hendaknya diniati dengan hati yang ikhlas penuh sukarela dan tanpa pamrih. Yang kedua sehat aktifitas, artinya aktifitas pekerjaan, aktifitas latihan, dan kegiatan sehari–hari selalu dilaksanakan dengan baik. “Niat yang ikhlas, diperlukan dalam mengelola Pramuka. Hal ini sesuai dengan amsal kita Ikhlas bhakti bina bangsa,” katanya.
Sehat yang ketiga, kata Agus, yaitu sehat manajemen. Artinya, dalam mengelola organisasi maupun kegiatan selalu dengan perencanaan yang baik. Sehingga tujuan yang diharapkan, bisa tercapai secara optimal.
“Dengan perencanaan yang baik, maka kegiatan yang kita laksanakan akan mencapai hasil yang maksimal,” tandasnya.
Masih kata Agus, sehat yang keempat yaitu sehat jasmani dan rohani. Sehat yang terakhir atau sebagai penyempurna yaitu sehat do’a dan sholawat. “Tidak ada yang sulit jika setiap usaha dan aktifitas kita selalu dilandasi do’a dan sholawat,” pungkasnya
Sumber Berita : Radar Tegal 25 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar