Selasa, 24 Mei 2011

Safari Layanan KB Gratis Digulirkan

PELAYANAN gratis bagi keluarga miskin untuk program Keluarga Berencana (KB) diupayakan Badan Pemberdayan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Tegal lewat gelar Safari Layanan KB. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara bergantian di 18 kecamatan yang ada diKabupaten Tegal.
Gelar safari perdana dilakukan di Puskesmas Kaladawa Kecamatan Talang, Selasa (24/5) kemarin. Dimana dalam kesempatan kali ini, Kepala BPPKB Dra Indah Winarni MPd berkesempatan melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanan di Puskesmas tersebut.
"Safari kali ini juga menjadi kelanjutan aksi Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK dan Hari Jadi Kabupaten Tegal. Di masing-maisng kecamatan, nantinya akan dipusatkan di satu Puskesmas. Kecuali di Kecamatan Talang, safari akan dilakukan di dua Puskesmas yang ada masing-masing Puskesmas inti dan Kaladawa. Hal ini untuk menjangkau luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang ada," terangnya.
Terpisah Kepala UPT BPPKB Talang Ahmad Faizin, didampingi Kepala UPTD Puskesmas Kaladawa Agus Hidayat, menyatakan, antusias akseptor KB di desanya lumayan tinggi. Sebelumnya kegiatan ini juga telah dilakukan. Dihari pelaksanaan kemarin tercatat 28 akseptor, yang dimungkinkan akan dilanjutkan pada hari berikutnya.
Diakuinya, pelayanan KB gratis ini diberlakukan pada semua warganya yang tinggal di sembilan desa.
"Pelayanan Safari KB gratis kali ini mencakup pemasangan IUD dan implan. Dari sini diharapkan upaya menekan laju pertambahan jumlah penduduk akan terlampaui. Terutama dengan menggandeng peran aktif masyarakat dengan membatasi kehamilan," ujarnya.
Sementara itu Camat Talang Dra Hj Nurhayati MM, yang turut melakukan tinjauan berharap, kesempatan Safari Pelayanan KB ini bisa dimaksimalkan warganya yang selama ini belum atau tidak tahu bagaimana membatasi kehamilan untuk menekan jumlah anak dalam keluarga.
Dia juga menyatakan, Safari akan dilanjutkan hari ini di UPTD Puskesmas inti dengan mengajak peran aktif warga Talang dalam memaksimalkan waktu yang ada. Dijadwalkan Safari Pelayanan KB ini akan berakhir 22 Juni mendatang setelah menjelajahi 18 kecamatan secara bergantian.
Sumber Berita : Radar Tegal 24 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar