Senin, 23 Mei 2011

Program Jampersal Digulirkan

PANGKAH - Program nasional Jaminan Persalinan (Jampersal) yang diberlakukan secara gratis untuk semua golongan, resmi digulirkan di UPTD Puskesmas Pangkah. Pergulirannya berlaku sejak awal Mei hingga 31 Desember 2011 mendatang.
Kepala UPTD Puskesmas Pangkah, Curki SKM, melalui bendahara Jampersal, Indra Nuryana, menyatakan, jaminan persalinan gratis kali ini membidik sasaran ibu hamil dan bayi dari masyarakat secara umum.
"Bentuk layanan berupa pemeriksaan kehamilan, kunjungan atau pemeriksaan paska persalinan, dan pelayanan nifas serta KB setelah persalinan, kesemuanya gratis tanpa dipungut biaya serupiahpun," terangnya Senin (23/5).
Dia menambahkan, untuk pelaksanaannya sendiri disentralisasikan di semua desa yang dalam penanganannya nanti diserahkan sepenuhnya kepada bidan desa.
Dia mengakui, telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu melalui balai desa untuk memancing kepedulian warga dalam memaksimalkan program pemerintah tersebut.
Diakuinya, saat ini di wilayah kerjanya terdapat 25 bidan yang dioptimallkan pada 14 desa di Kecamatan Pangkah.
Menurutnya, secara umum tujuan yang melatarbelakangi digulirkannya program Jampersal oleh pemerintah pusat diantaranya untuk menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan, dan masih banyaknya ibu hamil yang belum punya jaminan persalinan sehingga banyak ditangani oleh tenaga non kesehatan.
"Muaranya untuk memacu peningkatan akses masyarakat terhadap persalinan yang sehat," tuturnya.
Dalam pelaksanan dilapangan sendiri, nantinya masyarakat akan diarahkan ke rumah bidan desa untuk mempermudah pelaksanan persalinan dan paska persalinan secara gratis lewat program Jampersal tersebut
Sumber Berita : Radar Tegal, 22 Mei 2011

0 komentar:

Posting Komentar