Minggu, 26 Juni 2011

21 Obyek Wisata di Jateng Mirip Owabong

PURBALINGGA- Saat ini jumlah objek wisata di Jawa Tengah yang mirip dengan Owabong sudah mencapai 21 buah.
''Ini menjadi tantangan buat kami untuk terus mengembangkan potensi pariwisata yang ada,'' kata Kepala Disbudparpora Suyitno, belum lama.

Hal ini disampaikan Suyitno saat memberikan paparan di hadapan tim Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kabupaten Ciamis. Kunja DPRD Ciamis yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Dedi Setiawan, diterima Asisten Administrasi Imam Subijakto di Operation Room Graha Adiguna.

''Ternyata sifat latah tak hanya terjadi di dunia sinetron Indonesia. Sifat latah juga terjadi pada dunia pariwisata. Saat ada objek wisata yang mengalami kemajuan, banyak daerah yang latah membangun wisata sejenis. Padahal kondisi seperti itu akan memperbesar persaingan pangsa pasar,'' katanya.
Akibatnya, lama kelamaan akan terjadi penurunan kunjungan yang kemudian bisa berakibat kebangkrutan.

Program Unggulan

 Melihat potensinya yang besar banyak daerah menjadikan pariwisata sebagai program unggulan daerah. Sayangnya, banyak di antara mereka yang kemudian membangun objek wisata sejenis.
Dia menambahkan, perilaku latah itu juga telah berpengaruh terhadap perkembangan wisata Purbalingga khususnya Owabong. Data kunjungan ke Owabong tahun 2010 mengalami penurunan dari 1,431 juta pengunjung di tahun 2009 dan menjadi 1,404 juta di tahun 2010.

''Meski begitu, kontribusi PAD dari Owabong justru naik. Tahun 2009 Rp 3 miliar menjadi Rp 4 miliar pada tahun 2010. Ini merupakan hasil upaya peningkatan pelayanan manajemen kepada pengunjung,'' tambahnya.
Wakil Ketua DPRD Ciamis Dedi Setiawan mengakui potensi pariwisata Kabupaten Ciamis belum mampu mendongkrak PAD daerah itu. Melalui kunja ke Purbalingga diharapkan dapat menimba pengalaman bagaimana Purbalingga mengembangkan sektor pariwisata. (F10-78)
Sumber Berita : http://suaramerdeka.com/26 Juni 2011

0 komentar:

Posting Komentar